Berita Terbaru

19 October 2016

Garuda Muda Dikalahkan Argentina dan Meksiko di Piala Dunia U-12

871476617856

Paris – Tim Aquadnc Garuda Muda 2016 sebagai Juara Grup E harus mengakui keunggulan Argentina (runner up Grup F) pada putaran 16 besar Final Dunia Danone Nations Cup 2016, Sabtu (15/10) kemarin, di Kompeks Olahraga Marcel Bec, Perancis.

Sejak awal pertandingan, delegasi Indonesia pada festival sepakbola yang diakui FIFA sebagai Piala Dunia Sepakbola U-12 ini mendapat serangan bertubi-tubi dari Tim Tango Muda. Pada menit kelima belas, pemain Argentina, Manuel Sancho, berhasil menggetarkan jala gawang Indonesia yang dikawal oleh Ricki.

Tim Aquadnc Garuda Muda 2016 tidak menyerah begitu saja, beberapa peluang berhasil dibangun dengan semangat tinggi. Lima menit sebelum pertandingan usai, Indonesia hampir menyamakan kedudukan lewat skema serangan apik yang dibangun oleh duet pemain tengah, Adriano dan Andika. Lepas dari penjagaan lawan, Adriano mendapatkan umpan terobosan dari Andika dan kemudian melesatkan tendangan yang tidak terjangkau oleh kiper Argentina. Sayangnya, sepakannya masih membentur tiang gawang. Hingga peluit panjang, skor bertahan 1-0. Dengan hasil ini, langkah Tim Aquadnc Garuda Muda 2016 harus terhenti ke babapk perempat final.

Hasil ini merupakan kekalahan perdana dari Tim Aquadnc Garuda Muda 2016 setelah sebelumnya mengalahkan Italia dan Afrika Selatan serta menahan imbang Korea Selatan pada penyisihan grup, Jumat (14/10) lalu.

Penentuan Peringkat

Di pertandingan penentuan peringkat bagi seluruh peserta Final Dunia Danone Nations Cup 2016, Tim Indonesia berhadapan dengan tuan rumah, Perancis, (15/10). Pada pertandingan ini, punggawa tim Aquadnc Garuda Muda 2016 tampil lepas, berbeda saat bertemu dengan delegasi Argentina.

Indonesia mampu melayani permainan tim Perancis, bahkan berhasil membuat pertahanan Perancis kocar-kacir akibat skema serangan yang dilakukan Mulkan Hanif dan kawan-kawan. Di menit ke empat belas, sebuat tendangan sudut untuk Indonesia berhasil dimanfaatkan sang kapten, Mulkan Hanif, lewat sundulan terarah ke gawang Perancis. 1-0 untuk Indonesia bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Pertandingan selanjutnya (15/10) adalah melawan Meksiko pada perebutan peringkat 9 dan 10. Indonesia harus susah payah meredam serangan Meksiko, meskipun pada akhirnya Indonesia harus menyerah 0-5.

Meski kalah melawan Meksiko, Tim Aquadnc Garuda Muda 2016 berhasil lolos ke peringkat 16 besar Piala Dunia U-12 ini. Dengan begitu, Indonesia berhak tampil di Stade De France untuk penentuan posisi 11 dan 12, melawan Tunisia hari Minggu pukul 10.30 waktu setempat.

“Sayang sekali kami harus kalah melawan Argentina, nyaris imbang tadi tapi itulah sepakbola. Kami tidak kalah kualitas, hanya kurang beruntung. Pemain Argentina sangat ramah pula, setelah pertandingan kami bertukar canda. Lawan Meksiko kami juga kalah, mereka rapi sekali di setiap lini, kami belajar banyak. Senang sekali bisa mengalahkan Prancis karena mereka tuan rumah dan diunggulkan. Hari Minggu ini kami akan menginjak Stade De France untuk perebutan peringkat 11-12 melawan Tunisia. Kami tidak sabar bermain di stadion legendaris Prancis ini, akhirnya mimpi kami terwujud!,” ujar Mulkan Hanif, Kapten Tim.

PelatihTim Aquadnc Garuda Muda 2016, Jacksen F Tiago, mengaku tidak kecewa dengan penampilan anak asuhnya di putaran 16 besar Final Dunia Danone Nations Cup 2016.

“Indonesia harus bersyukur memiliki pemain-pemain muda seperti mereka yang tidak menyerah hingga menit akhir pertandingan. Kualitas kita dengan tim-tim dari negara-negara lain tidak berbeda kelas, kami mengalahkan Italia, Prancis, dan menunjukkan kualitas yang baik melawan Argentina. Mereka akan bertanding besok di Stade De France, seperti yang mereka impikan selama ini, kita akan tunjukkan kemampuan terbaik kita melawan Tunisia,” ungkap pelatih yang disapa Coach Jacksen ini.

Iman Rahman Cahyadi/CAH

BeritaSatu.com
sumber: http://www.beritasatu.com/sepakbola/393007-garuda-muda-dikalahkan-argentina-dan-meksiko-di-piala-dunia-u12.html